Segmentasi pasar
suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang
memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang
mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.
Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian
dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan
antara pembeli di pasar.
Proses Segmentasi pasar :
Proses segmentasi mempunyai beberapa langkah. (1)
identifikasi basis segmentasi pasar , (2) mengumpulkan informasi pasar ,
(3) mengembangkan komposisi profil segmen, (4) penetapan konsekuensi
pemasaran, (5) estimasi masing-masing potensi segmen pasar , (6)
analisis peluang pasar , dan (7) penetapan penguasaan pasar
Segmentasi Pasar dan Kepuasan Konsumen
Menurut Philip Kotler dalam bukunya Principle of Marketing, kepuasan
konsumen adalah hasil yang dirasakan oleh pembeli yang mengalami
kinerja sebuah perusahaan yang sesuai dengan harapannya. Kepercayaan
konsumen merupakan hal yang ingin di dapat setiap perusahaan dari para
konsumennya.
Macam-macam atau Jenis kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi
atau pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita
menjadi kenyang.
b. Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut
yang bersifat tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga karena mendapat
pelayanan yang sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah
Menurut Fandy Tjiptono (1997:35), metode yang digunakan untuk mengukur kepuasan konsumen dapat dengan cara :
a. Pengukuran dapat dilakukan secara langsung dengan pertanyaan
b. Responden diberi pertanyaan mengenai seberapa besar
mereka mengharapkan suatu atribut tertentu dan seberapa besar yang
dirasakan.
c. Responden diminta untuk menuliskan masalah yang mereka hadapi
berkaitan dengan penawaran dari perusahan dan juga diminta untuk
menuliskan masalah-masalah yang mereka hadapi berkaitan dengan
penawaran dari perusahaan dan juga diminta untuk menuliskan
perbaikan yang mereka sarankan
d. Responden dapat diminta untuk meranking berbagai elemen dari
penawaran berdasarkan derajat pentingnya setiap elemen dan
seberapa baik kinerja perusahan dalam masing-masing elemen.
Segmentasi dan Profitabilitas
Profitabilitas adalah kemampuan perusahaan memperoleh laba
dalam hubungannya dengan penjualan, total aktiva maupun modal sendiri.
Dengan demikian bagi investor jangka panjang akan sangat berkepentingan
dengan analisa profitabilitas ini.
Hubungan antara kepuasan pelanggan dan profitabilitas sangatlah erat.
Studi yang menunjukkan hal ini, terutama sepanjang dekade 80-an dan
awal 90-an sudah sangat banyak. Secara logikapun, pelaku bisnis juga
dengan mudah meyakini adanya hubungan antara dua hal ini.Kepuasan
pelanggan pada dasarnya adalah fungsi dari harapan dan persepsi terhadap
kinerja suatu merek setelah pelanggan menggunakan atau mendapatkan
pelayanan. Di lain pihak, loyalitas adalah fungsi kepuasan pelanggan.
Faktor lain yang terutama adalah switching barrier dan personal
loyalty. Jadi, pelanggan yang puas, tidaklah 100% akan loyal karena
adanya kedua faktor tersebut. Tetapi adalah masih benar bahwa pelanggan
yang puas, akan mempunyai kecenderungan untuk loyal terhadap merek
tersebut. Dan dapat dilihat juga dari tingkat efisiensi proses produksi,
berdayakan orang-orang yang berdedikasi melalui kepemimpinan, serta
kompensasi yang sesuai.
1. Tingkatkan Efisiensi Proses ProduksiProses produksi yang
efisien akan menghasilkan penghematan. Semakin berhemat, semakin rendah
pula biaya produksi. Dengan semakin rendahnya biaya produksi,
maka margin keuntungan juga samakin tinggi. Terapkan prinsip-prinsip
“Total Quality Management” sistem produksi Anda untuk memangkas
biaya-biaya yang tidak perlu.
2. Berdayakan Orang-orang Yang Berdedikasi Melalui Kepemimpinan
Manusia adalah sumberdaya terpenting dalam organisasi Anda. Semakin
tinggi tingkat penghargaan Anda pada aspek manusia, semaking tinggi pula
tingkat kemampuan untuk menciptakan keberhasilan organisasi. Dengan
menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan organisasi yang efektif, Anda
akan mampu membawa organisasi Anda ke level yang lebih tinggi dan dengan
tingkat profitabilitas yang tinggi pula.
3. Kompensasi Yang SesuaiManusia ingin dihargai. Jika Anda
membayar lebih rendah dibandingkan kemampuan dan usaha yang sudah mereka
berikan bagi organisasi Anda, mereka akan merasa dirugikan. Jika mereka
merasa dirugikan, maka sebaiknya Anda jangan berharap mereka
akan memberikan yang terbaik bagi organisasi Anda. Jika kita
melihat negara-negara yang sistem ekonominya telah maju, kita melihat
bahwa sistem kompensasi yang diterapkan merefleksikan kinerja.
· Penggunaan segmentasi pasar dalam penetapan strategi pemasaran
Faktor penting lain yang harus diperhitungkan ketika mengembangkan
strategi pemasaran untuk konsumen adalah “segmentasi pasar”. Segmentasi
pasar berarti membagi pelanggan potensial perusahaan ke dalam berbagai
segmen atau kelompok (misalnya, berdasarkan usia, jenis kelamin, agama,
lokasi, dll) dan kemudian memfokuskan strategi pemasaran pada satu atau
lebih kelompok-kelompok. Bila menggunakan segmentasi pasar, penting
untuk menentukan apa faktor-faktor yang akan dipertimbangkan.
Faktor-faktor yang disebut variabel segmentasi. Variabel segmentasi
perlu berhubungan dengan kebutuhan, penggunaan, atau perilaku terhadap
produk atau jasa. Sebagai contoh, produsen gitar akustik akan paling
mungkin segmen pasar berdasarkan usia, yaitu, strategi pemasaran mereka
akan dirancang untuk menarik dan mempengaruhi remaja.
Sumber daya dan kemampuan perusahaan untuk menentukan jumlah dan
ukuran segmen pasar yang mereka dapat berharap untuk menarik dengan
strategi pemasaran mereka. Jenis produk dan layanan, serta variasi dalam
kebutuhan pelanggan mereka, akan memainkan peran dalam ukuran dan
jumlah segmen pasar yang ditargetkan. Memilih variabel segmentasi yang
tepat adalah bagian penting dalam penargetan pasar konsumen tertentu.
Memilih variabel segmentasi yang tepat adalah bagian penting dalam
penargetan pasar konsumen tertentu. Segmentasi pasar merupakan tindakan
untuk mengidentifikasi dan membentuk kelompok pembeli yang
terpisah-pisah yang mungkin membutuhkan produk dan bauran pemasaran yang
tersendiri. Pada penelitian ini basis segmentasi yang digunakan adalah
gaya hidup yang dapat mempengaruhi bauran pemasaran dan preferensi
terhadap bauran pemasaran dari E-Commerce. Ini berarti basis segmentasi
ini dilihat dari perilaku mereka terhadap bauran pemasaran.
Dengan kesamaan karakteristik perilaku yang berpengaruh terhadap
bauran pemasaran ini diharapkan setiap segmen yang terbentuk dapat
didekati dengan penawaran yang tepat sehingga meningkatkan kepuasan
pelanggan dari masing-masing segmen
Dari kedelapan elemen bauran pemasaran yang digunakan terdapat 6 elemen
yang signifikan dalam membedakan antar segmen, yaitu produk, promosi,
bukti fisik, komunitas, proses dan harga. Dua yang lain yaitu tempat dan
perubahan ternyata untuk tingkat kepercayaan 95% tidak dapat digunakan
untuk membedakan segmen. Ini berarti setiap segmen mempunyai preferensi
bauran pemasaran yang sama terhadap kedua elemen tersebut.
Contoh Segmentasi Pasar dalam Perusahaan Indosat
Indosat melakukan gebrakan dengan meluncurkan Indosat Mentari untuk membidik segmen pasar para pengguna smartphone.
Dalam keterangan pers yang disampaikan Suwignyo, Head of Area Jatim
PT Indosat, Senin (17/12/2012), Mentari ini dilahirkan kembali dengan
logo baru dengan harapan Mentari kembali bersinar terang.
“Indosat Mentari dilahirkan kembali untuk menyasar para pengguna
smartphone yang tahun 2013 diprediksi akan tumbuh menjadi dua kali lipat
dari sekarang. Merek merek pabrikan China akan membanjiri Indonesia
sehingga menjadi peluang yang harus ditangkap,” kata Suwignyo.
Indosat Mentari ini menembak pangsa para profesional yang
menggunakan prepaid. Di Jatim saat ini Mentari memiliki pelanggan 2,8
juta. Tahun depan ditarget 300 ribu pelanggan baru.
Untuk para pengguna Indosat Mentari ini disiapkan paket yang cukup
menarik. Paket prabayar premium ini dilengkapi dengan fasilitas gratis
Whatsapp 12 bulan, gratis telpon 200 menit ke semua operator, gratis
paket BB full service / BB gaul dengan kuota sampai 3 GB dengan
kecepatan hingga 7,2 Mbps.
Pengguna Indosat Mentari bisa memilih tiga paket yang disediahkan,
paket harian, paket mingguan dan paket bulanan melalui *123*2#. Untuk
paket harian tarifnya Rp5.000 mendapat gratis nelpon sesama Indosat
selama 30 menit, 15 SMS dan gratis WhatsApp.
Sedangkan untuk paket bulanan bisa memilih tarif Rp49.000, Rp99.000
dan Rp149.000. Ketiga paket ini sama sama mendapat gratis nelpon dan SMS
sesama Indosat hanya waktu durasinya dan jumlahnya berbeda.
Selain itu juga gratis nelpon ke operator lain. Untuk paket Rp49.000
mendapat gratis 25 menit, Rp.99.000 gratis nelpon 50 menit dan paket
Rp149.000 dapat bonus free nelpon ke operator lain selama 50 menit.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar